Cara Menonaktifkan Mode Aman (Safe Mode) di HP Android

https://www.google.com/search?q=Cara+Menonaktifkan+Mode+Aman+(Safe+Mode)+di+HP+Android&tbm=isch&ved=2ahUKEwi6i6uDpb_5AhWEiNgFHXKrDj8Q2-cCegQIABAA&oq=Cara+Menonaktifkan+Mode+Aman+(Safe+Mode)+di+HP+Android&gs_lcp=CgNpbWcQDFDWDljWDmCIGWgAcAB4AIABZYgBuAGSAQMxLjGYAQCgAQGqAQtnd3Mtd2l6LWltZ8ABAQ&sclient=img&ei=OTn1YvqKE4SR4t4P8ta6-AM&bih=657&biw=1366#imgrc=gs6tACxdOps4CMschmoozemag.com – Cara Menonaktifkan Mode Aman (Safe Mode) di HP Android

Bagaimana cara menghapus mode aman di Android atau yang lebih dikenal dengan mode aman yang Anda butuhkan sekarang?

Sistem operasi Android open source memungkinkan pengguna untuk berpikir dan berubah. Oleh karena itu, banyak layanan root yang ditawarkan untuk pengguna Android.

Meskipun membuatnya lebih mudah, itu membuat sistem seluler Android lebih cepat, terutama dengan root dan aplikasi jahat yang diinstal. Biasanya, ponsel Android Anda akan segera masuk ke mode aman untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Pada artikel ini Admin akan mencoba memberi tahu Anda berbagai cara untuk masuk ke mode aman di ponsel Android dan beberapa hal yang dapat menyebabkannya.

Apa Itu Mode Aman atau Safe Mode?

Sebelum masuk ke pembahasan utama, sebaiknya ketahui dulu cara amannya seperti apa. Umumnya, mode aman di ponsel Android adalah mode yang membatasi ponsel Android Anda hanya untuk menjalankan fungsi dasar dan sistem dasar.

Safe Mode dirancang untuk membantu proses pemecahan masalah, yaitu untuk memantau dan mendiagnosis kinerja sistem operasi Android ponsel Anda.

Dengan kata lain, Anda tidak dapat menjalankan semua aplikasi pihak ketiga yang terpasang di ponsel Anda. Aplikasi akan disembunyikan saat ponsel Anda masuk ke mode aman.

Nggak perlu khawatir kalau HP kamu masuk ke Safe Mode. Meskipun belum tentu ada kerusakan di HP-mu, namun Safe Mode menjadi penanda bahwa kamu harus lebih berhati-hati.

Penyebab HP Masuk ke Mode Aman

Setelah memahami apa itu Safe Mode, kini Jaka mau kasih tahu kamu beberapa penyebab kenapa HP Android kamu masuk ke mode aman. Mungkin banyak dari kamu yang pernah mengalami hal ini namun nggak tahu penyebabnya.

Biasanya, HP yang masuk ke Safe Mode bakal restart sendiri kemudian muncul tulisan Safe Mode di pojok bawah layar.

Sebenarnya, Safe Mode bisa kamu nyalakan secara manual. Nah, kalau HP kamu secara otomatis masuk ke dalam mode ini, berarti ada yang salah dengan sistem di HP-mu, geng. Ponsel yang dalam mode aman dapat berarti ada bug, virus, atau aplikasi di ponsel Anda. Anda juga dapat secara tidak sengaja menekan tombol untuk mengaktifkan mode ini.

Ini sangat umum dengan ponsel Android yang di-rooting. Jadi, kecuali benar-benar penting, lebih baik tidak melakukan root pada ponsel Anda, geng. Garansi mahal. kalau harus belajar cara menghilangkan safe mode di samsung atau hp android merk lain langsung saja simak artikel selanjutnya ya gais!

Cara Menghilangkan Mode Aman/Safe Mode di HP Android

Cara menghilangkan safe mode atau mode aman di HP Android sebenarnya mudah, lho. Beberapa kali Admin mengalami hal ini namun HP Admin bisa kembali normal dengan mengikuti beberapa cara di bawah ini.

Selain itu, cara menghilangkan safe mode di seluruh brand HP Android cenderung sama, kok. Penasaran? Yuk, simak sama-sama!

1. Restart HP (Cara Menghilangkan Mode Aman Termudah)

1. Restart HP (Cara Menghilangkan Mode Aman Termudah)

Cara termudah untuk menghapus mode aman adalah dengan me-restart ponsel Android Anda. Biasanya, mode ini muncul sementara hingga masalah ponsel Anda teratasi.

Jika Anda yakin tidak ada masalah dengan sistem seluler Anda atau Anda merasa telah mengaktifkan mode aman di ponsel Anda​​​​​​​,​​​​​​​​​ Dan agar tidak ada masalah dengan sistem handphone kamu, maka kamu bisa mencoba cara ini geng.

Restart ponsel Anda sebagai solusi untuk mematikan safe mode sangat mudah seperti yang biasa Anda lakukan. Berikut langkah-langkahnya.

1. Tekan dan tahan tombol daya

Tekan dan tahan tombol HP Power hingga muncul beberapa pilihan.

2. Pilih Mulai Ulang

Kemudian pilih ‘Reboot’ dan reboot ponsel Anda.

3. Tunggu sampai HP menyala

Sistem akan reboot dan Anda harus menunggu prosesnya selesai.

2. Melepas Baterai

 Melepas Baterai

Metode pelepasan lain yang aman adalah dengan melepas baterai HP. Cara ini sangat berguna untuk kamu yang HPnya lemot. Sangat lambat, hanya me-restart HP membutuhkan waktu beberapa menit.

Dengan melepas baterai, ponsel Anda akan langsung menghentikan semua proses dan ponsel akan langsung mati. Sebelum memasang kembali baterai HP, tunggu beberapa detik lalu hidupkan kembali.

Sayangnya, HP zaman sekarang rata-rata sudah menggunakan baterai non-removable sehingga kamu nggak bisa mengikuti cara ini lagi.

Namun kalau tipe baterai HP kamu removable, kamu bisa coba langkah berikut:

1. Matikan daya HP

Tekan dan tahan tombol power HP, lalu pilih opsi ‘Power Off’.

2. Lepas baterai beberapa saat

Setelah HP mati, kamu buka casing dan lepas baterai untuk beberapa saat.

3. Ganti baterai HP

Kemudian pasang kembali baterai dengan cara yang benar.

4. Matikan HP

Jika kamu sudah yakin baterai terpasang dengan benar, sekarang kamu tekan dan tahan tombol power HP untuk menyalakannya kembali.

3. Menghapus Aplikasi yang Malfungsi

3. Menghapus Aplikasi yang Malfungsi

 

Seperti yang Admin bilang sebelumnya, salah satu penyebab kenapa HP Android-mu tiba-tiba masuk ke Safe Mode adalah karena aplikasi yang malfungsi. Serta diperparah oleh root.

Cara mengatasinya sebenarnya mudah-mudah susah, geng. Kamu harus coba mengingat aplikasi atau hal terakhir apakah yang kamu lakukan di HP sebelum akhirnya HP-mu masuk ke Safe Mode.

Kalau kamu ingat, kamu bisa coba uninstall aplikasi tersebut atau unroot HP kamu. Jangan lupa restart kembali HP kamu untuk membersihkan proses di HP.

Untuk menghapus aplikasi di HP Android, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah:

1. Buka ‘Settings’

Kamu buka aplikasi ‘Settings’ kemudian masuk ke menu ‘Apps’ dan pilih ‘Manage Apps.

manage apps

2. Pilih dan hapus aplikasi

Selanjutnya, cari dan pilih aplikasi yang ingin Anda hapus karena diyakini sebagai penyebab HP dalam mode aman. Selesaikan proses dengan memilih menu “Copot”.

Pilih dan hapus aplikasi

Selain melalui aplikasi pengaturan, Anda juga dapat menghapus aplikasi Android dari Play Store. Caranya lebih mudah karena Anda harus mencari aplikasinya lalu klik tombol ‘Uninstall’.

 

 Pilih dan hapus aplikasi

4. Menghapus Cache

 

menghapus cache di android

Cache adalah penyimpanan sementara yang digunakan untuk menyimpan pengaturan aplikasi, browser, atau game. Tujuannya untuk mempercepat proses loading saat aplikasi dibuka.

Tidak hanya memori ponsel Anda yang akan terisi, ternyata cache juga dapat menyebabkan ponsel Android Anda masuk ke mode aman secara tiba-tiba.

Oleh karena itu, menghapus cache yang lengkap bisa menjadi cara untuk mendapatkan cara aman yang sulit hilang dari ponsel Anda.

1. Buka “Pengaturan” dan buka halaman Aplikasi

Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Anda lalu buka halaman Aplikasi seperti yang ditunjukkan Jaka sebelumnya.

2. Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus cache

Anda memilih aplikasi mana yang ingin Anda hapus cache. Kemudian tekan menu “Hapus data” dan pilih “Hapus cache”.

5. Matikan Via Notification Center

Seperti namanya, jendela Notification Center berfungsi dengan memberikan notifikasi yang muncul akibat aplikasi yang berjalan di ponsel.

Termasuk salah satunya saat mode darurat aktif, geng. Saat Safe Mode aktif, biasanya akan muncul notifikasi di jendela Notification Center.

Untuk menonaktifkan Safe Mode melalui Notification Center sekarang, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka jendela Pusat Pemberitahuan

Gesek ke bawah dari atas layar untuk membuka jendela Pusat Pemberitahuan.

2. Pilih notifikasi dalam mode aman

Kemudian ketuk notifikasi Safe Mode dan nonaktifkan dengan menekan tombol “Disable” di jendela pop-up yang muncul.

Seperti namanya, jendela Notification Center berfungsi dengan memberikan notifikasi yang muncul akibat aplikasi yang berjalan di ponsel.  Termasuk salah satunya saat mode darurat aktif, geng. Saat Safe Mode aktif, biasanya akan muncul notifikasi di jendela Notification Center.  Untuk menonaktifkan Safe Mode melalui Notification Center sekarang, ikuti langkah-langkah berikut.  1. Buka jendela Pusat Pemberitahuan  Gesek ke bawah dari atas layar untuk membuka jendela Pusat Pemberitahuan.  2. Pilih notifikasi dalam mode aman  Kemudian ketuk notifikasi Safe Mode dan nonaktifkan dengan menekan tombol "Disable" di jendela pop-up yang muncul.

 

Akhir Kata

Demikian artikel Admin mengenai cara menghilangkan mode aman yang susah hilang di HP Android. Termasuk bagi kamu yang sedang mencari cara menonaktifkan mode aman Samsung, gais.

Tak seperti cara mengaktifkan mode aman, untuk menghilangkannya ternyata sedikit lebih susah, ya! Semoga artikel ini dapat mengatasi masalah kamu ya, gais.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Admin lainnya.

About Daden William

Check Also

Destiny Jimenez

Twitter, YouTube ve Reddit’teki viral görüntü ve videolara göre Destiny Jimenez’in modeli kim?

schmoozemag.com – Twitter, YouTube ve Reddit’teki viral görüntü ve videolara göre Destiny Jimenez’in modeli kim? …

Leave a Reply

Your email address will not be published.