Gegerr!! Fosil Megalodon dan Hewan Purba Ditemukan di Sukabumi, Dulunya Lautan?

Gegerr!! Fosil Megalodon dan Hewan Purba Ditemukan di Sukabumi, Dulunya Lautan?schmoozemag.com – Gegerr!! Fosil Megalodon dan Hewan Purba Ditemukan di Sukabumi, Dulunya Lautan?

Pada Maret 2020, terjadi penemuan yang menggemparkan warga di sekitar sebuah barangay di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Saat memetakan sawah di lahan kosong, mereka menemukan sesuatu yang disebut “Hantu Gelap”.

Dalam bahasa Sunda, huntu berarti gigi, sedangkan hitam berarti kilat. Nama itu mungkin mengacu pada Megalodon, hiu putih purba dengan gigi raksasa.

Masyarakat Sukabumi telah menjadi tempat dengan banyak fosil hewan prasejarah menurut penelitian geologi dan paleontologi Institut Teknologi Bandung dan Museum Geologi Bandung.

Dilansir National Geographic, contoh penemuan ini terjadi di Desa Sungging yang memiliki setidaknya lima lokasi ditemukannya fosil fauna laut purba. Daerah lainnya di Sukabumi yang pernah menjadi titik penemuan fosil hewan laut purba adalah Kecamatan Jampang dan Kecamatan Ciracap.

Dr. Aswan, salah satu peneliti geologi dari Institut Teknologi Bandung, mengungkapkan bahwa walaupun beberapa daratan di daerah Jampang dan Sukabumi sudah menjadi dataran tinggi, perbukitan, dan pegunungan, namun bukti-bukti geologi dan paleontologi yang ada menunjukkan bahwa dulunya Jampang dan Sukabumi adalah laut.

“Ini semakin membuktikan bahwa daerah Sukabumi itu dulunya adalah laut, ujar Aswan, dalam acara Collection Talk: Jejak Kehidupan Laut Purba Jampang Sukabumi pada Senin (15/2/2021), dikutip dari National Geographic.

Ia juga menambahkan bahwa 35 juta tahun yang lalu atau saat zaman yang dikenal sebagai periode Eosen, Sukabumi termasuk laut yang relatif dalam dengan kedalaman mencapai hingga lebih dari 100 meter. Aswan menjelaskan bahwa 35 juta tahun yang lalu daerah ini adalah daratan, tetapi 35 juta tahun yang lalu menjadi lautan. Yang lebih menarik adalah tempat di Bumi 5 juta tahun yang lalu.

Fosil Megalodon dan Hewan Purba Ditemukan di Sukabumi

Selain itu, bukan hanya fosil Megalodon saja yang ditemukan di daerah Sukabumi, tapi ada juga fosil hewan laut purba lainnya seperti moluska purba yang memiliki bentuk berupa kerang. Diperkirakan fosil moluska purba tersebut hidup sekitar 12 hingga 13 juta tahun yang lalu.

Penemuan lainnya adalah fosil gigi-gigi megalodon dan fosil tulang belakang paus purba yang diperkirakan hidup 8 juta hingga 5 juta tahun yang lalu. Hal ini semakin meyakinkan peneliti bahwa daerah Sukabumi dulunya memanglah berupa lautan.

Saat ini, fosil-fosil tersebut sudah tersimpan sebagai koleksi Museum Geologi Bandung.

About by kanganda

Check Also

Motorola Edge 30 Fusion memiliki sensor sidik jari dalam layar, slot SIM ganda (nano), jaringan 5G, sertifikasi IP52, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, Bluetooth 5.2, GPS, NFC, dan USB Tipe-C. Ponsel ini tersedia dalam pilihan warna Aurora White, Cosmic Gay, dan Vegan Leather. Hadiahnya sendiri dibayar sebesar 599 Euro atau sekitar Rp. 9 juta.

Motorola Edge 30 Fusion Dijuluki Flagship Killer, Berikut Harga dan Spesifikasinya

schmoozemag.com – Motorola Edge 30 Fusion Dijuluki Flagship Killer, Berikut Harga dan Spesifikasinya Motorola Edge …

Leave a Reply

Your email address will not be published.